I LOVE INDONESIA

Wednesday, September 14, 2011

Hasil Pertemuan MGMP Bahasa Inggris SMA 2011

     Pertemuan MGMP Bahasa Inggris SMA Tahun 2011 Putaran Ke-1 bertempat di Kampus SMAN 1 Sindang. Agenda rutin tahunan ini diikuti oleh peserta sebanyak 27 orang guru dari berbagai SMA negeri dan swasta di Kabupaten Indramayu.
Acara ini sendiri berlangsung dari pukul 09.30 s.d. 14.15 WIB. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Kepala Sekolah Penanggungjawab MGMP Bahasa Inggris, Mrs.Hj.Sulastri Dj.MPd. dilanjutkan sambutan dari  Pengawas Bahasa Inggris SMA, Mr.Suwardi M.Pd. sekaligus Opening Speech beliau memulai acara tersebut. Kemudian pembacaan do'a oleh Mr.Thoyib dari SMAN Haurgeulis mengawali rangkaian acara pertemuan MGMP Bahasa Inggris SMA tersebut.
     Selanjutnya, acara diisi oleh Bapak Pengawas yang menyampaikan materi Genre Based Approach dan implementasinya dalam KTSP 2010. Beliau menegaskan bahwa pendekatan berbasis genre (GBA) sebenarnya model yang ideal dalam pembelajaran bahasa Inggris, karena pendekatan ini memadukan empat skill kebahasaan (Listening, Speaking, Reading dan Writing) dalam konteks dan urutan pembelajarannya. Disamping itu, tugas mulia seorang guru ialah harus memenuhi kompetensi keguaruannya, serta mampu menerapkan kompetensi tersebut dalam mengemban tugasnya.
      Materi Aplikasi kompetensi guru di dalam pembelajaran disampaikan oleh Mrs.Dra.Hj.Sulastri Dj., M.Pd. pada sesi berikutnya. Beliau menegaskan bahwa seorang guru harus benar-benar dapat menerapkan kompetensi yang ia miliki secara utuh dalam seluruh aspek. Seorang guru harus dapat bersuara lantang ketika mengajar di kelas, agar siswa nya mampu menangkap informasi yang disampaikan. Guru juga harus mampu memenej kelas agar tercipta pengalaman belajar. Selanjutnya beliau menyampaikan agar guru tak henti-hentinya berinovasi dan berimprovisasi dalam pelaksanaan pembelajaran.
       Materi tekahir pada pertemuan tersebut adalah Pelaksanaan pembelajaran dan pembuatan bahan Ajar Berbasis IT/Internetyang disampaikan olehShodikin S.Pd.
         Para Peserta sangat antusias mengikuti kegiata, lebih-lebih pada saat diskusi dan sharing sehingga acara ditutup pada pukul 14.15. Panitia sangat berterima kasih atas partisipasi kawan-kawan guru bahasa Inggris yang telah aktif sepanjang acara. bagi kawan kawan yang membutuhkan materi presentasi kaegiatan, silahkan unduh di sini, Terima kasih. 

















 

No comments: